Metode Pembelajaran Pada Mahasiswa Kebidanan Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi: Literature Review
Abstract
Komunikasi merupakan pusat keberhasilan asuhan pada pasien. Tujuan komunikasi adalah untuk membina hubungan yang baik antara bidan dengan pasien. Bidan harus dibekali keterampilan komunikasi yang baik, agar tercapainya komunikasi dua (2) arah dan meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan kebidanan. Tujuan review ini adalah untuk menelaah literatur, artikel dan dokumen hasil penelitian yang mengidentifikasi model pembelajaran pada mahasiswa kebidanan dalam mengembangkan keterampilan komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review. Hasil dari penelitian yang dianalisisis, didapatkan metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi diantaranya bedside teaching, coaching, Problem Based Learning (PBL), Role Play, drama kreatif, community based medical Education. Metode pembelajaran tersebut berpengaruh terhadap peningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa kebidanan.
References
Azizah, N., Nisak, A. Z., & Tristanti, I. (2022). Model Problem Based Learning Kompetensi Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Kebidanan. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 13(1), 185–189.
Bramhall E. (2014). Effective Communication Skills In Nursing Practice. Nursing Standard-Proquest, 29(14), 53. Https://Www.Proquest.Com/Openview/25fa168cc7fdb8d84b68e177ce23f439/1?Pq-Origsite=Gscholar&Cbl=2042228
Damayanti, I. P., Pitriani, R., & Afni, R. (2018). Penerapan Coaching Dalam Menghadapi Ujian Praktik Pada Mata Kuliah Praktik. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 9(2), 123–125.
Edwards, L., & Quinton, N. (2023). Good Bedside Teaching On Secondary Care Placement: The Student Perspective. Clinical Teacher. Https://Doi.Org/10.1111/Tct.13628
Gutiérrez-Puertas, L., Márquez-Hernández, V. V, Gutiérrez-Puertas, V., Granados-Gámez, G., & Aguilera-Manrique, G. (2020). Educational Interventions For Nursing Students To Develop Communication Skills With Patients: A Systematic Review. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 12(7), 22–41. Https://Doi.Org/10.3390/Ijerph17072241
Hsiao, H. J., Chen, S. H., Jaing, T. H., Yang, C. P., Chang, T. Y., Li, M. Y., Chiu, C. H., & Huang, J. L. (2019). Psychosocial Interventions For Reduction Of Distress In Children With Leukemia During Bone Marrow Aspiration And Lumbar Puncture. Pediatrics And Neonatology, 60(3), 278–284. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Pedneo.2018.07.004
Lianawati, A. (2018). Efektivitas Penggunaan Role Playing Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpesonal Mahasiswa. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 14(26), 188–193.
Luthfia, E., & Azizah, N. (2016). Hubungan Komunikasi Terapeutik Bidan Dengan Kecemasan Ibu Bersalin Di Rsud Kelas B Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Asuhan Kesehatan:Jurnal Ilmiah Ilmu Kebidanan Dan Keperawatan, 7(1).
Martha, D., & Zulfiati, H. 2. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Kompetensi Komunikasi Terapeutik Mahasiswa Program Diii Kebidanan Stikes Mitra Ria Husada Cibubur. . . Jtp-Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(1), 1–12.
Menawati, T., & Kurniawan, H. (2015). Pentingnya Komunikasi Dalam Pelayanan Kesehatan Primer. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 15(2), 120–124. Https://Jurnal.Usk.Ac.Id/Jks/Article/View/3264/3075
Noorbaya, S., Mutmainnah, A. U., & Amriana, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Komunikasi. Jurnal Kebidanan Mutiara Mahakam, 7(2), 85–91.
Nuraisya, W., & Yuliawati, D. (2020). Komunikasi & Konseling (Feminisme) Dalam Pelayanan Kebidanan. Deepublish. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Komunikasi_Konseling_Feminisme_Dalam_Pel/_Fnqdwaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=1&Dq=Nuraisya+W+%26+Yuliawati+D.+Komunikasi+Dan+Konseling+(Feminimisme)+Dalam+Pelayanan+Kebidanan&Printsec=Frontcover
Petralina, B., Sunarti, A., Saleh, U. K. S., Kusuma, D. C. R., Resmi, D. C., Muna, S., Nurhayati, F., Nurfurqoni, F. A., Indriani, F., & Handayani, E. Y. (2023). Komunikasi Dalam Praktik Kebidanan. Global Eksekutif Teknologi. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=6cileaaaqbaj
Petralina B, Sunarti S A, Saleh S, U., Kusuma Dcr, Resmi Dc, & Muna S. (2022). Komunikasi Dalam Praktik Kebidanan. In Pt Global Eksekutif Teknologi:Sumatra Barat. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Komunikasi_Dalam_Praktik_Kebidanan/6cileaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=1&Dq=Komunikasi+Dalam+Praktek+Kebidanan+Petralina&Printsec=Frontcover
Pratiwi, L. (2021). Hubungan Komunikasi Terapeutik Bidan Terhadap Kepuasan Ibu Bersalin Di Bpm Mm Kota Serang. Bunda Edu-Midwifery Journal (Bemj), 44–48. Https://Bemj.E-Journal.Id/Bemj/Article/View/55/49
Richardson, C., Wicking, K., Biedermann, N., & Langtree, T. (2023). Coaching In Nursing: An Integrative Literature Review. In Nursing Open (Vol. 10, Issue 10, Pp. 6635–6649). John Wiley And Sons Inc. Https://Doi.Org/10.1002/Nop2.1925
Rønning, S. B., & Bjørkly, S. (2019). The Use Of Clinical Role-Play And Reflection In Learning Therapeutic Communication Skills In Mental Health Education: An Integrative Review. In Advances In Medical Education And Practice (Vol. 10, Pp. 415–425). Dove Medical Press Ltd. Https://Doi.Org/10.2147/Amep.S202115
Sari, I. S. I. (2013). Perbedaan Metode Simulasi Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Keberhasilan Belajar Praktek Palpasi Leopold Pada Mahasiswa Tingkat I Akbid Ngudi Waluyo Ungaran Semarang Tahun 2011. Jurnal Kebidanan: Jurnal Ilmu Kesehatan Budi Mulia, 3(1).
Sri Suryani, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Soft Skills Kepemimpinan Dan Komunikasi Mahasiswa Kebidanan Melalui Community Based Medical Education (Cbme). Bidan Prada:Jurnal Ilmiah Kebidanan, 6(1), 23–33.
Suryani, E. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Soft Skills Kepemimpinan Dan Komunikasi Mahasiswa Kebidanan Melalui Community Based Medical Education (Cbme). Jurnal Ilmiah Kebidanan, 6(1), 23–33.
Uçtu, A. K., & Karahan, N. (2021). The Impact Of Communication Education Provided With Creative Drama Method On Midwifery Undergraduates. European Journal Of Midwifery, 5(September), 1–8. Https://Doi.Org/10.18332/Ejm/138592
Widyowati, A. (2023). Komunikasi Kesehatan. Cv. Mitra Cendekia Media. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Fqhpeaaaqbaj
Zaki, R., Werdati, S., Sari Tetra Dewi, F., Pelatihan Kesehatan Palangkaraya, P., Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Ahmad Yani, S., Ilmu Kesehatan Masyarakat, B., & Ugm, F. (2009). The Effectiveness Of Role Play, Vcd Playing And Module In Improving Therapeutic Communication Skill Of Stikes Jenderal Ahmad Yani Nursing Student In Yogyakarta. In Berita Kedokteran Masyarakat (Vol. 25, Issue 3).
Zeydani, A., Atashzadeh-Shoorideh, F., Abdi, F., Hosseini, M., Zohari-Anboohi, S., & Skerrett, V. (2021). Effect Of Community-Based Education On Undergraduate Nursing Students’ Skills: A Systematic Review. Bmc Nursing, 20(1), 1–12.