Evaluasi Peneraan Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Dasan Agung dan Puskesmas Tanjung Karang

  • Nur Radiah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Istin Herlina Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Khairil Pahmi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram
Keywords: Standar Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas Dasan Agung, Puskesmas Tanjung Karang

Abstract

Upaya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat khususnya dibidang kefarmasian sebagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah diantaranya menyediakan sarana-sarana pelayanan kesehatan salah satunya adalah puskesmas. Puskesmas merupakan unit organisasi pelayanan kesehatan departemen yang mempunyai misi sebagai pusat pengembangan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu untuk masyarakat yang tinggal disuatu wilayah kerja tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas Dasan Agung dan Puskesmas Tanjung Karang  berdasarkan Permenkes No 74 tahun 2016 tentang standar pelayanan kefarmasian di puskesmas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  yaitu penelitian yang dilakukan terhadap sekumpulan objek. Pengambilan data dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah Tenaga Teknik Kefarmasian yang ada di Puskesmas Dasan Agung dan Apoteker yang ada di Puskesmas Tanjung Karang.

Hasil penelitian evaluasi pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas Dasan Agung dan Puskesmas Tanjung Karang masing-masing indikator mendapat persentase yaitu dalam kegiatan pengelolaan obat dan bahan medis habis pakai di Puskesmas Dasan Agung sebesar  100%, sedangkan di Puskesmas Tanjung Karang sebesar 90%. Kegiatan pelayanan farmasi klinik di Puskesmas Dasan Agung sebesar  60%, sedangkan di Puskesmas Tanjung Karang sebesar 100%. Sumber daya manusia di Puskesmas Dasan Agung dan Puskesmas Tanjung Karang sebesar 100%.

References

Anonim, 2011, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 376/MENKES/PER/V/2011, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta
Anonim, 2016 Peraturan Menteri Kesehatan No. 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas.
Dianita PS dkk, jurnal penelitian evaluasi penerapan standar pelayanan kefarmasian x kota magelang 2015:magelang
Istiqomah,F.N, 2012, Evaluasi Implamentasi Standar Pelayanan Kefarmasian Oleh Apotker di Apotek Kabupaten Sleman, Skripsi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
Notoatmojo. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Peraturan Menteri Kesehatan RI. No. 74. 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas
Sugiyono, 2009, Statistik untuk penelitian, Alfabeta,Bandung
Umar, Husein. 2015, Riset Pemasaran dan perilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka utama.
Utomo. Riska Dwi. 2013. Profil Pengelolaan Obat di Puskesmas Pembantu Wates Pinggirejo Magelang. Tugas Akhir Universitas Muhammadiyah Magelang.
Published
2024-03-05
How to Cite
Radiah, N., Herlina, I., & Pahmi, K. (2024). Evaluasi Peneraan Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Dasan Agung dan Puskesmas Tanjung Karang. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Farmasi, 12(1), 4 - 7. https://doi.org/10.51673/jikf.v12i1.2241